. Info Dan Artikel Kesehatan: ''Bau'' !! saat bangun tidur.

15.12.10

''Bau'' !! saat bangun tidur.

“BANGUN tidur ku terus mandi, tidak lupa menggosok gigi…” Itulah lagu yang sudah umum kamu kenal. Nah kenapa ya setiap habis bangun tidur nafas dari mulut kamu selalu lebih bau daripada saat kamu bangun? Apa yang terjadi pada mulut kamu saat tidur? Bagaimana cara mengatasinya?
lady-yawningBau itu muncul karena adanya sesuatu penyebab bau tentunya, yaitu hasil "kegiatan" mahluk hidup di mulut kamu.
Kamu mungkin sudah mengetahui bahwa banyak sekali mikroorganisme/mikroba yang hidup di semua tempat, di tubuh kamu, termasuk di dalam mulut kamu. Mikroba ini seperti halnya mahluk hidup, tentu memerlukan makanan. Nah sisa-sisa makanan, air liur, “kotoran” yang menyelip di gigi, gusi, lidah, semua itu adalah makanan yang lezat bagi mikroba. Kemudian “terurai” salah satunya menjadi senyawa belerang yang berbau busuk tadi.

bad-teethPada saat kamu bangun, kegiatan mikroba itu “tersapu” oleh “mengalirnya air liur setiap saat. Sehingga mulut kamu senantiasa “bersih”. Namun pada saat tidur, dimana air liur kamu tidak se”aktif” saat bangun, menyebabkan mikroba tadi “mengendap” dan berpesta pora. Ditambah lagi jika sebelum tidur kamu memakan makanan yang berpotensi bau dan membiarkan sisa-sisa makanan tertinggal di mulut kamu.
sikat_gigi_2Sikat gigi (dan juga lidah kamu), minum air putih yang banyak sebelum tidur, akan cukup membantu menghindari mulut kamu bau pada keesokan harinya.
Selamat tidur ya.***
(dari berbagai sumber)

1 komentar:

  1. iya pasti kalau bangun tidur mulut jadi bau,,,meski malam sebelum tidur udah sikat gigi tetep saja bau di pagi harinya,,hehe
    nice info nih teman ^_^

    BalasHapus